Pengertian kalimat perintah lengkap dengan ciri-ciri, jenis, dan contohnya

 Pengertian kalimat perintah

Pengertian kalimat perintah - Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari komunikasi dengan seseorang. Dalam berkomunikasi dengan seseorang, kita pasti mengucapkan berbagai jenis kalimat. Salah satu jenis kalimat diantaranya adalah kalimat imperatif atau perintah. 

Kalimat perintah merupakan kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat perintah umumnya digunakan untuk memberikan perintah kepada seseorang. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian kalimat perintah secara lengkap disertai dengan ciri-ciri, jenis, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. 

Pengertian kalimat perintah 

Kalimat perintah adalah kalimat yang berisikan perintah kepada orang lain untuk melakukan suatu hal. Menurut KBBI kalimat perintah adalah kalimat yang mengandung intonasi dan makna perintah atau larangan.

Tujuan dari kalimat perintah adalah untuk memberikan perintah agar orang lain mau melakukan sesuatu sesuai kehendak penutur. Misalnya penutur mengucapkan "ambilkan aku minum" kepada orang lain, maka orang tersebut akan mengambilkan minuman kepada penutur. Selain itu kalimat perintah juga berfungsi untuk mengajak, melarang, mempersilakan, dan memohon.


Ciri-ciri kalimat perintah

1. Menggunakan kata perintah

Ciri-ciri kalimat perintah salah satunya yaitu menggunakan kata perintah didalamnya. Kata perintah antara lain kerjakan, lakukan, tolong, ayo, mari, mohon, silakan, jangan. Selain itu kata perintah umumnya menggunakan imbuhan "lah" atau "kan" diakhir kata, misalnya duduklah, bacalah, diamlah, ambilkan

2. Menggunakan tanda seru (!) diakhir kalimat

Dalam bentuk tulisan penggunaan tanda seru diakhir kalimat, menunjukkan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat perintah.

3. Intonasi tinggi

Dalam bentuk lisan atau ucapan kalimat perintah umumnya ditandai dengan intonasi yang tinggi.

4. Menggunakan pola inversi

Kalimat perintah menggunakan pola inversi yaitu subjek terletak di belakang predikat.


Jenis-jenis kalimat perintah

1. Kalimat perintah biasa

Kalimat perintah biasa adalah kalimat perintah yang diucapkan secara langsung untuk melakukan sesuatu. Jenis kalimat perintah biasa ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: ambilkan aku minum, sinilah.

2. Kalimat perintah ajakan

Kalimat perintah ajakan adalah kalimat perintah yang berisi ajakan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat perintah ajakan ini sering kita gunakan untuk mengajak sesorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat perintah ajakan memiliki ciri yaitu menggunakan kata ayo, yuk, dan mari. Contoh: Ayo pergi bermain, yuk makan di restoran, mari mampir ke rumahku.

3. Kalimat perintah larangan 

Kalimat perintah larangan adalah kalimat perintah yang berisi perintah larangan kepada seseorang agar tidak melakukan sesuatu. Kalimat perintah larangan sering kita gunakan agar seseorang tidak melakukan sesuatu. Ciri dari kalimat perintah larangan ini yaitu menggunakan kata jangan dan dilarang. Contoh: jangan buang sampah sembarangan, dilarang merokok di ruangan ini.

4. Kalimat perintah mempersilakan

Kalimat perintah mempersilakan adalah kalimat perintah yang digunakan untuk memberikan perintah secara halus. Kalimat perintah mempersilakan memiliki ciri yaitu terdapat kata "silakan". Kalimat perintah mempersilakan ini umumnya sering digunakan dalam acara-acara formal. Contoh: silakan masuk, para hadirin dipersilakan duduk kembali. 

5. Kalimat perintah permintaan

Kalimat perintah permintaan adalah kalimat perintah yang digunakan untuk meminta atau memohon kepada seseorang agar mau melakukan apa yang dikehendaki penutur. Kalimat perintah permintaan memiliki ciri yaitu menggunakan kata tolong, mohon, dan harap. Contoh: Tolong ambilkan buku itu, mohon jangan berisik, harap hadir tepat waktu.

6. Kalimat perintah saran

Kalimat perintah saran adalah kalimat perintah yang digunakan untuk memberikan saran kepada seseorang agar mempertimbangkan suatu hal. Kalimat perintah saran memiliki ciri yaitu menggunakan kata sebaiknya, seharusnya, alangkah baiknya. Contoh: sebaiknya berangkat lebih pagi agar tidak terlambat, seharusnya kamu rajin belajar, sekarang sedang hujan alangkah baiknya kita tunggu dulu sampai hujan reda.


Contoh kalimat perintah

  1. Ambilkan buku itu!
  2. Kejakan sekarang!
  3. Tolong buka pintunya!
  4. Mohon hadir tepat waktu!
  5. Dilarang parkir disini!
  6. Ayo membaca buku di perpustakaan!
  7. Jangan terlambat!
  8. Minumlah obat ini!
  9. Ayo berangkat sekarang!
  10. Tolong ambilkan pensilku!
  11. Tolong jaga sopan santun!
  12. Makanlah sambil duduk!
  13. Silakan duduk di tempat masing-masing!
  14. Seharusnya kamu rajin belajar!
  15. Harap jangan berisik.
  16. Mohon taati aturan yang berlaku!
  17. Tolong matikan televisinya!
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url