Tips Memahami Pelajaran untuk Belajar Lebih Efektif dan Mudah

  

Tips Memahami Pelajaran


Belajar menjadi salah satu hal yang terlihat mudah, tetapi dalam praktiknya dapat dikatakan cukup susah. Belajar juga bukan hanya tentang seberapa lama dalam menatap buku pelajaran atau membaca materi pelajaran. Namun, tentang memahami materi pelajaran yang tengah dipelajari tersebut. Maka, untuk lebih memahaminya, berikut ini tips memahami pelajaran yang bisa kamu coba.

 

Tips Memahami Pelajaran untuk Belajar Lebih Efektif dan Mudah 

Hampir semua orang pernah merasakan atau mengalami kesulitan dalam mencerna materi pelajaran yang sudah mereka terima. Terlebih seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan dalam menyerap informasi menjadi semakin berkurang. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena permasalahan seperti ini bisa teratasi dengan beberapa cara seperti berikut ini. 

1. Buat Mind Map 

Kamu bisa memahami materi pelajaran dengan membuat mind map terlebih dahulu. Mind map ini merupakan sebuah kerangka yang dibuat berbentuk pengelompokan beberapa ide dalam bentuk gambar atau visual untuk membantu mengingat dan juga memahami setiap kerangka materi yang ada. 

Secara senderhana kamu bisa membuat poin-poin penting dari materi pelajaran yang tengah kamu pahami. Dengan cara ini kamu juga bisa menemukan konsep baru dalam belajar dan juga menemukan masalah yang lagi dihadapi dalam mempelajari suatu materi. 

2. Buat Catatan Kecil 

Tips memahami pelajaran yang satu ini mungkin terdengar biasa, tetapi bisa sangat efektif untuk membantu memahami materi pelajaran. Sering terjadi kesalahan dari para siswa adalah terlalu fokus untuk menghafal materi pelajaran saja. Dibandingkan dengan menghafal, sebaiknya yang dilakukan adalah memahami materi pelajaran yang diberikan. 

Bisa dengan membuat catatan kecil yang bisa dipergunakan saat belajar. Kamu bisa mencoba mencatat hal-hal penting saat belajar atau saat mendengarkan guru mengajar. Lebih baik lagi jika kamu membuat kata kunci tertentu untuk materi yang kamu catat, hal ini akan memudahkan untuk mengingat. 

Kamu bisa mencatat hal-hal penting di sticky notes lalu tempelkan di tempat-tempat yang bisa kamu lihat dengan mudah seperti buku, dinding kamar, dan juga cermin. 

3. Menemukan Waktu Belajar yang Cocok 

Setiap orang pasti memiliki waktu belajar favorit sendiri, karena itulah kamu harus tahu waktu yang tepat untuk belajar di versi kamu. Misalnya jika kamu adalah orang yang tahan begadang dan lebih suka ketenangan bisa mencoba belajar malam hari. Namun tetap disarankan untuk tidak sampai terlalu malam, karena dapat membuat jadwal tidur menjadi berantakan dan bahkan bisa kekurangan jam tidur. Akibatnya saat pagi hari kamu akan kesulitan dalam berkonsentrasi. 

Sementara itu jika kamu merupakan tipikal morning person, bisa mencoba belajar di waktu subuh. Semua pilihan ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tidak perlu waktu belajar yang panjang, karena belajar berkualitas ini saat waktu belajar kamu bisa fokus. 

4. Garis Bawahi Hal Penting di Catatan 

Tips memahami pelajaran dalam catatan materi, kamu juga bisa mencoba cara dengan menggaris bawahi poin penting di catatan yang sudah dibuat. Kamu bisa menggaris bawahi dengan menggunakan highlighter berwarna atau pulpen. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah dalam menemukan materi atau pembahasan yang sedang dipelajari. 

5. Menambah Referensi Belajar 

Kamu tidak bisa hanya mengandalkan materi pelajaran dari sekolah saja. Saat ini, menggunakan internet bisa mengakses banyak referensi ilmu. Kemudian dengan memperbanyak referensi belajar bisa membuat kamu lebih cepat dalam memahami pelajaran yang tengah didalami. 

Kamu bisa mencari referensi belajar yang disajikan dalam menggunakan bahasa yang lebih sederhana. Kamu juga bisa mengandalkan platform belajar seperti YouTube atau brainly. 

Itulah beberapa tips memahami pelajaran yang bisa kamu coba. Setiap orang pasti memiliki metode belajar yang berbeda, jadi kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.


#Tips Memahami Pelajaran

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url