Materi kelas 6 tema 8 subtema 2

 

Rangkuman materi kelas 6 tema 8 subtema 1
Sumber : buku siswa kelas 6 tema 8

Materi IPA

Bumiku dan Musimnya

Animasi Hujan
Sumber : dokumen pribadi dan google

Mengapa Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan ?. Mengapa Indonesia tidak seperti negara-negara subtropis yang memiliki empat musim ?. 4 musim yang terdapat pada negara-negara subtropis tersebut yaitu musim dingin, semi, gugur, dan musim panas. Pada saat musim dingin rumah, pohon, tanah akan diselimuti oleh salju. Pada saat musim semi bunga-bunga bermekaran dengan sangat indah. Pada saat musim gugur daun-daun berguguran dari pohonnya. Pada saat musim panas waktu siang hari berlangsung lebih lama dibanding waktu dimalam hari.

Perbedaan musim di negara tropis terjadi karena ketika mengorbit, poros Bumi dalam keadaan miring. Pada bulan Desember, saat poros di belahan Bumi utara mengalami kemiringan terjauh dari Matahari sehingga sedikit mendapatkan sinar matahari. Akibatnya, terjadilah apa yang kita kenal sebagai musim dingin. Di sisi belahan Bumi selatan, pada waktu bersamaan, terjadi musim panas.

Sementara itu, di bagian ’tengah’ poros Bumi, yaitu bagian yang dekat dengan garis ekuator, poros tidak terlalu mengalami kemiringan. Banyaknya sinar Matahari cenderung stabil sepanjang tahun. Pada bagian Bumi ini, arah dan kecepatan anginlah yang berperan memengaruhi musim.

Fakta Sains

Bulan berotasi pada porosnya. Bulan berevolusi mengelilingi Bumi. Bulan selalu bersama Bumi sehingga disebut sebagai satelit Bumi. Bulan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya Bulan berasal dari pantulan Matahari.

Bulan

Bulan adalah benda langit yang merupakan satelit alami dari Bumi. Bulan merupakan satelit terbesar kelima didalam tata surya. Meskipun Bulan tampak putih dan bercahaya namun Bulan sebenarnya berwarna gelap, serta Bulan tidak memiliki cahaya. Cahaya Bulan berasal dari pantulan cahaya Matahari yang memantul pada permukaan Bulan.

Gerhana Bulan dan Matahari

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi menyebabkan gerhana bulan dan gerhana matahari. Apa perbedaan antara gerhana bulan dan gerhana matahari? Bagaimana posisi Bumi, Bulan, dan Matahari jika terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari?

Gerhana Bulan

Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.

Terjadinya Gerhana Bulan
Sumber : Buku siswa kelas 6 tema 8

Pada waktu gerhana bulan, cahaya Matahari yang seharusnya diterima Bulan terhalangi Bumi. Bulan berada dalam bayang-bayang Bumi. Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu umbra dan penumbra.

Ada dua macam gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi Bulan berada pada umbra Bumi sehingga Bulan tertutup penuh oleh bayangan Bumi. 

Adapun gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya setengah bagian Bulan masuk ke dalam umbra Bumi. Bulan bergerak dan masuk ke daerah penumbra Bumi.

Gerakan Bulan

  • Rotasi Bulan

Rotasi bulan adalah perputaran bulan pada porosnya. Waktu yang diperlukan Bulan untuk melakukan satu kali rotasi sama dengan waktu yang diperlukan Bulan untuk berevolusi mengelilingi Bumi.

  • Revolusi Bulan

Revolusi Bulan adalah perputaran Bulan mengelilingi Bumi. Akibat revolusi, Bulan akan tampak berubah-ubah jika dilihat dari bumi, perubahan ini disebut fase bulan.

  • Revolusi Bulan Mengelilingi Matahari

Selain berevolusi mengelilingi Bumi, Bulan juga berevolusi mengelilingi Matahari. Bulan berovolusi mengelilingi Matahari karena Bulan merupakan satelit dari Bumi yang akan selalu bergerak mengikuti Bumi, ketika Bumi bergerak mengeliling Matahari, Bulan pun melakukan hal yang sama. Waktu yang diperlukan Bulan dalam berovolusi mengelilingi Matahari adalah sama dengan revolusi Bumi yaitu 1 tahun. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam 1 tahun, Bulan hanya satu kali bergerak mengelilingi Matahari dan dua belas kali bergerak mengelilingi Bumi. Hal inilah yang menyebabkan ada 12 bulan selama 1 tahun di dalam kalender.


Materi Bahasa Indonesia

Membaca sekilas dilakukan di dalam hati atau tanpa suara untuk menemukan gagasan utama. Gagasan utama disebut juga ide utama atau inti dari sebuah paragraf. Gagasan utama didalam paragraf dapat ditemukan pada awal, tengah, atau akhir paragraf. 

Dalam teks agak panjang 150-200 kata. Teks disusun berdasarkan gagasan utama dan gagasan pendukung. Setiap paragraf pasti memiliki gagasan utama dari pesan yang akan disampaikan. Beberapa gagasan utama paragraf dapat dijadikan dasar untuk menemukan pokok pikiran dari suatu teks. Oleh karena itu, sebelum mencari pokok pikiran dari suatu teks, temukan dahulu gagasan utama setiap paragraf.


Materi PKN

Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. 

Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.


Materi IPS

Singapura

Singapura termasuk negara dengan penduduk padat atau banyak. Rakyat Singapura 85%  tinggal di rumah susun. Penduduk Singapura terdiri dari etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Singapura menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduk Singapura berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Singapura sangat disiplin terhadap masalah kebersihan. Singapura merupakan negara terbersih di Asia. Singapura sering dikunjungi para wisatawan.

Vietnam

Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.

Thailand

Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung.


Materi SBdP

Contoh tari yang dilakukan secara kelompok:

1. Tari Bedhaya Ketawang, dari Surakarta

Tari Bedhaya Ketawang diperagakan oleh sembilan orang penari wanita yang berbusana, tata rias serta gerak tarian yang sama. Kualitas gerak halus cenderung lembut atau pelan dan diiringi seperangkat gamelan jawa.

2. Tari Serimpi, dari Jawa Tengah

Tari Serimpi yang sudah banyak dipentaskan ini memiliki gerak lemah gemulai yang menggambarkan kesopanan dan kehalusan budi. Kelemahlembutan ragam gerak yang ditunjukkan dari gerakan yang pelan serta anggun dengan diiringi suara musik gamelan.

3. Tari Pakarena dari Sulawesi Selatan

Tari Pakarena merupakan tarian tradisional dari Sulawesi Selatanmyang diiringi oleh alat musik 2 (dua) kepala drum (gandrang) dan sepasang instrument alat semacam suling (puik-puik).

4. Tari Gantar, dari Kalimantan Timur

Properti yangdigunakan adalah sebuah tongkat panjang kurang lebih 60 cm dan ujungnya dihiasi rumbai-rumbai. Tongkat panjang yang digunakan dalam menari berfungsi untuk melubangi tanah. Bambu yang pendek digunakan untuk menaburkan benih padi pada lubangannya. Pola gerak hentakan kaki menggambarkan cara menutup lubang pada tanah yang telah ditaburi benih padi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url