Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

 Lingkungan Alam dan Lingkungan Buatan



Lingkungan adalah sesuatu yang ada disekitar kita. Lingkungan memiliki peranan yang cukup penting bagi kehidupan manusia. Lingkungan menyediakan segala kebutuhan hidup manusia. Lingkungan juga merupakan tempat beradanya manusia dalam kesehariannya.

Lingkungan terdiri dari 2 komponen yaitu biotik dan abiotik. Lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup yaitu manusia, hewan,dan tumbuhan. Lingkungan abiotik adalah lingkungan yang terdiri dari benda-benda tak hidup atau tempat yaitu air, batu, gunung, sungai, dan lainnya.

Lingkungan dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Berikut uraian dari lingkungan alam dan lingkungan buatan:


Lingkungan Alam

Lingkungan alam merupakan lingkungan yang diciptakan oleh Tuhan. Lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk secara alami akibat terjadinya proses alam tanpa adanya campur tangan dari manusia. Berikut beberapa contoh dari lingkungan alam:

1. Sungai

Sungai adalah tempat mengalirnya air dari hulu/sumber menuju hilir/muara. Sungai termasuk dalam lingkungan alam. Sungai merupakan salah satu sumber mata air memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Manfaat tersebut antara lain seperti untuk mandi, mencuci, mengairi lahan pertanian, sumber pembangkit listrik tenaga air, sarana transportasi dan lainnya.

Contoh Sungai yang ada di Indonesia antara lain yaitu sungai Bengawan Solo di pulau Jawa, sungai Kapuas di pulau Kalimantan, sungai Musi di pulau Sumatera, dan masih banyak lagi.

2. Gunung

Gunung adalah daerah dipermukaan Bumi yang menjulang tinggi daripada daerah lain disekitarnya. Gunung terbentuk karena adanya proses alam. Proses alam tersebut disebut dengan aktivitas tektonik. Aktivitas tektonik adalah gerakan dari dalam Bumi yang dapat menyebabkan naik turunnya permukaan Bumi. 

Menurut istilahnya gunung dibagi menjadi 2 macam yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi. Gunung berapi adalah gunung yang dapat meletus akibat adanya aktivitas magma yang ada didalam perut Bumi. Sedangkan gunung tidak berapi adalah gunung yang tercatat tidak pernah meletus atau gunung yang tidak meletus dalam jangka waktu tertentu biasanya ratusan tahun.

Gunung memiliki manfaat bagi kehidupan antara lain sebagai tempat wisata, dapat menyuburkan tanah, gunung menyediakan sumber mata air, dan lainnya. 

Contoh gunung yang ada di Indonesia antara lain yaitu gunung Merapi di Jawa Tengah, gunung Semeru di Jawa Timur, gunung Kerinci di Sumatera Barat, gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, dan masih banyak lagi.


3. Danau

Danau adalah cekungan berukuran besar dipermukaan Bumi yang tergenang oleh air. Danau dapat terbentuk karena adanya proses alam seperti letusan gunung berapi, gerakan tektonik Bumi, erosi glasial, dan proses alam lainnya. Selain terbentuk karena adanya proses alam, danau juga dapat terbentuk karena aktivitas manusia seperti aktivitas penambangan yang membentuk cekungan yang lama-kelamaan akan terisi oleh air dan membentuk danau. Danau memiliki manfaat bagi kehidupan seperti sumber pengairan, tempat rekreasi, tempat budidaya ikan, dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air, dan lainnya. Contoh danau yang ada di Indonesia antara lain yaitu danau Toba di Sumatera Utara, danau Kelimutu di Flores, danau 

4. Hutan

Hutan adalah kumpulan pepohonan yang tumbuh secara alami. Hutan ditumbuhi oleh kumpulan pepohonan yang cukup lebat dan rapat. Hutan menurut jenis vegetasinya dapat dibagi menjadi 2 yaitu hutan hutan homogen dan hutan heterogen. Hutan homogen adalah hutan yang terdiri dari satu jenis tumbuhan saja, misalnya hutan pinus, hutan jati, dan lainnya. Hutan heterogen adalah hutan yang ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan didalamnya.

5. Laut

Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Laut merupakan tempat hidup bagi ikan dan berbagai biota laut lainnya. Selain itu laut juga banyak memiliki kekayaan alam lainnya seperti mutiara, minyak, dan gas. Laut juga merupakan jalur transportasi penting penghubung antar pulau dan antar negara.

Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan adalah lingkungan yang diciptakan oleh manusia. Lingkungan buatan merupakan lingkungan yang sengaja diciptakan oleh manusia. Tujuan dari manusia menciptakan lingkungan buatan adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia sendiri misalnya waduk digunakan untuk mengairi lahan pertanian, sekolah untuk tempat belajar, dan lainnya. Berikut beberapa contoh lingkungan buatan:

1. Waduk

Waduk adalah cekungan dipermukaan Bumi yang dibuat manusia untuk menampung air. Waduk merupakan lingkungan alam buatan manusia. Tujuan dibuatnya waduk oleh manusia adalah sebagai penampung air hujan yang nantinya dapat digunakan untuk mengairi lahan pertanian. Selain itu waduk juga dapat digunakan untuk tempat budidaya ikan tambak, pembangkit listrik tenaga air, dan dapat dijadikan tempat wisata.

2. Gedung

Gedung merupakan bangunan yang dibangun oleh manusia yang dapat dimanfaatkan untuk tempat tinggal, tempat ibadah, sekolah, perkantoran, dan lainnya. Gedung termasuk lingkungan buatan yang dibuat manusia untuk tujuan tertentu. Contoh gedung antara lain rumah, sekolah, masjid, dan lainnya.

3. Lahan Pertanian dan Perkebunan

Lahan pertanian dan perkebunan termasuk kedalam lingkungan buatan manusia. Manusia membuat lahan pertanian untuk kegiatan bercocok tanam misalnya sawah digunakan untuk menanam padi, perkebunan untuk menanam teh dan kopi, dan lainnya. Lahan pertanian dan perkebunan berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.



Next Post Previous Post
No Comment