Transformasi Energi di sekitar kita

 Transformasi Energi

Materi kelas 4 IPAS. Bab 4: Mengubah Bentuk Energi. Topik A: Transformasi Energi di Sekitar Kita

Pada materi kelas 4 IPAS Bab 4 topik A kamu akan mempelajari mengenai Transformasi Energi di sekitar kita. Transformasi energi adalah perubahan bentuk energi menjadi energi lain, misalnya energi listrik menjadi energi cahaya. Nah apa saja yang termasuk perubahan energi dan apa contohnya? mari kita pelajari.


Transformasi energi

Manusia selalu memerlukan energi dalam kehidupan sehari-hari. Energi dapat dimanfaatkan dengan cara merubah bentuknya menjadi energi lain misalnya jika ingin menyetrika baju maka diperlukan energi listrik dan diubah menjadi energi panas menggunakan setrika. Pada kehidupan sehari-hari banyak sekali terjadi perubahan bentuk energi.

Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya

Energi listrik menjadi energi cehaya

Ketika menyalakan lampu maka terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. Energi cahaya dimanfaatkan oleh manusia untuk sebagai penerangan.


Perubahan energi listrik menjadi energi gerak

Energi listrik menjadi energi gerak

Ketika menyalakan kipas angin maka terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Energi gerak dari kipas angin menghasilkan angin yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas lainnya adalah mixer.


Perubahan energi listrik menjadi energi panas

Ketika menyetrika baju terjadi perubahan energi listrik menjadi energi panas. Energi panas pada setrika dapat digunakan untuk menghaluskan pakaian yang kusut. Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas lainnya adalah rice cooker atau alat penanak nasi.

Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi dan cahaya

Energi listrik menjadi energi bunyi dan cahaya

Ketika menyalakan televisi maka terjadi perubahan energi listrik menjadi energi bunyi dan cahaya.


Perubahan energi gerak menjadi energi listrik

Energi gerak menjadi energi listrik

Ketika kamu mengayuh sepeda yang memiliki dinamo maka akan terjadi perubahan energi gerak menjadi energi listrik. Dinamo sepeda dapat mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh dinamo sepeda dapat digunakan untuk menyalakan lampu pada sepeda.


Perubahan energi gerak menjadi energi bunyi

Energi gerak menjadi energi bunyi

Pada saat kamu bermain alat musik gitar terjadi perubahan bentuk energi gerak menjadi energi bunyi. Energi gerak berasal dari petikan jarimu dan energi bunyi berasal dari getaran yang terjadi pada senar gitar yang dipetik.

Perubahan energi kimia menjadi energi gerak

Energi kimia menjadi energi gerak
Makanan yang kita makan setiap hari mengandung energi kimia. Tubuh kita mencerna makanan yang kita makan dan mengubah energi kimia yang terdapat pada makanan menjadi energi gerak yang dapat kita manfaatkan untuk beraktivitas sehari-hari.


Perubahan energi lebih dari sekali

Pada beberapa alat, bisa terjadi perubahan energi lebih dari sekali. Misalnya yang terjadi pada lampu sepeda. Lampu sepeda mengubah energi listrik dari dinamo sepeda menjadi energi cahaya. Dinamo sepeda dapat menghasilkan listrik dari energi gerak katika kamu mengayuh sepeda. Jadi dapat disimpulkan bawah perubahan yang terjadi pada lampu sepeda adalah energi gerak menjadi energi listrik dan energi listrik menjadi energi cahaya

Energi gerak menjadi energi listrik menjadi energi cahaya

Contoh lainnya adalah baterai. Baterai menyimpan energi kimia, dan pada saat digunakan baterai akan mengubah energi listrik, selanjutnya energi listrik diubah lagi menjadi bentuk energi lain sesuai fungsi alat yang akan digunakan.

Energi kimia menjadi energi listrik menjadi energi bunyi

Energi kimia menjadi energi listrik menjadi energi cahaya


Energi sampingan

Berdasarkan materi yang kamu pelajari diatas bahwa energi dapat dimanfaatkan apabila diubah bentuknya, tetapi tidak semua energi bisa sepenuhnya kita ubah menjadi energi yang dapat dimanfaatkan. Contohnya yang terjadi pada kendaraan bermotor, kendaraan bermotor menggunakan bensin yang merupakan energi kimia, selanjutnya energi kimia diubah menjadi energi  gerak, namun terdapat perubahan energi lain yaitu energi kimia berupa asap dan energi panas yang tidak dapat dimanfaakan. Energi tersebut disebut energi sampingan.

Energi sampingan


Next Post Previous Post
No Comment