Materi kelas 6 tema 8 subtema 1

  

Rangkuman materi kelas 6 tema 8 subtema 1
Sumber : Buku siswa kelas 6 tema 8

Materi IPA

Rotasi Bumi dan Pengaruhnya

Rotasi Bumi adalah perputaran Bumi pada porosnya. Bumi berputar layaknya sebuah permainan gangsing. Dalam berotasi Bumi memerlukan waktu 24 jam atau satu hari. Akibat dari adanya rotasi Bumi adalah sebagai berikut :

1. Terjadinya Siang dan malam

Sumber : dokumen pribadi dan google

Apakah kamu tau apa yang menyebakan terjadinya siang dan malam ?

Terjadinya siang dan malam terjadi akibat adanya rotasi Bumi. Bagian Bumi yang terkena cahaya Matahari akan mengalami waktu siang, sedangkan bagian Bumi yang tidak terkena cahaya Matahari akan mengalami waktu malam. Berikut gambar ilustrasi terjadinya siang dan malam :

Siang dan Malam

2. Gerak semu harian Matahari

Matahari tampak bergerak dari ufuk timur dan tenggelam di ujung barat, menurutmu apakah Matahari itu bergerak mengelilingi Bumi ?

Jawabannya adalah tidak, yang sebenarnya terjadi adalah Bumi berputar pada porosnya atau rotasi Bumi sehingga jika diamati Matahari akan seolah-olah bergerak dari timur ke barat.


3. Perbedaan waktu

Apakah kamu tau mengapa terjadi perbedaan waktu pada setiap wilayah dimuka Bumi ?

Perbedaan waktu tersebut terjadi juga karena rotasi Bumi. Di Indonesia terdapat 3 pembagian zona waktu yaitu waktu Indonesia barat (WIB), waktu Indonesia tengah (WITA), dan waktu Indonesia timur (WIT). Ketika Indonesia bagian barat menunjukkan pukul 06.00 WIB maka waktu di Indonesia bagian tengah menunjukkan pukul 07.00 WITA sedangkan waktu di Indonesia bagian timur menunjukkan pukul 08.00 WIT


Dalam berotasi Bumi berputar membentuk sudut 360°. Ilustrasi rotasi Bumi dapat kamu praktekkan atau amati dengan menggunakan bola dunia. Jika kamu amati di dalam bola dunia terdapat garis baik vertikal maupun horizontal. Garis yang tampak pada bola dunia tersebut disebut dengan garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian)

Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari Bumi. Garis lintang dibedakan menjadi 2 yaitu garis lintang utara dan garis lintang selatan. Garis lintang digunakan sebagai pedoman dalam pembagian wilayah iklim.

Garis bujur adalah garis khayal membujur yang membelah Bumi menjadi belahan barat dan belahan timur. Garis bujur yang terletak pada Bumi bagian barat disebut dengan garis Bujur Barat, sedangkan garis yang terletak dibelahan Bumi timur disebut dengan garis Bujur Timur.

Saat berotasi 1° Bumi memerlukan waktu selama 4 menit. Jika Bumi berotasi selama 1 jam maka Bumi berotasi sebesar 15°. Berdasarkan perhitungan waktu tersebut setiap wilayah di permukaan Bumi yang memiliki selisih sebesar 15° garis bujur maka akan mengalami perbedaan waktu 1 jam. Jika wilayah di permukaan Bumi memiliki selisih 30° maka akan mengalami perbedaan waktu 1 jam contohnya seperti wilayah Indonesia barat (WIB) dengan wilayah Indonesia timur (WIT) memiliki selisih garis bujur 30° maka perbedaan waktunya adalah 2 jam, jika diwilayah Indonesia timur menunjukkan pukul 08.00 maka di wilayah Indonesia barat menunjukkan pukul 06.00.

Revolusi Bumi

Revolusi Bumi
Sumber : Buku siswa kelas 6 Tema 8

Pada bulan-bulan tertentu curah hujan sangat tinggi tetapi pada bulan lainnya hampir tidak terjadi hujan. Ketika Argentina yang terletak di Amerika bagian selatan sedang mengalami musim panas, namun di waktu bersamaan Kanada yang terletak di Amerika bagian utara sedang mengalami musim dingin. Mengapa terjadi perbedaan musim setiap wilayah di Bumi ?

Perbedaan musim terjadi karena adanya revolusi Bumi. Revolusi Bumi adalah perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Waktu yang ditempuh Bumi untuk revolusi yaitu selama 1 tahun untuk satu putaran. Selama 1 tahun, belahan Bumi utara dan belahan Bumi selatan secara bergantian menghadap dan membelakangi Matahari sehingga terjadi perbedaan musim. Akibat dari revolusi Bumi setiap 3 bulan sekali negara yang terletak dibagian Bumi utara dan selatan mengalami perubahan musim.

Bumi bagian utara dan selatan

Kanada terletak di Bumi belahan utara sementara Argentina terletak di Bumi belahan selatan. Pada saat Matahari memanasi Bumi belahan selatan seperti Argentina, maka Argentina akan mengalami musim panas. Sebaliknya Bumi belahan utara seperti Kanada akan mengalami musim dingin.

Taukah kamu mengapa Matahari tampak bergeser ke arah belahan Bumi bagian utara dan selatan ?

Peristiwa tersebut terjadi akibat adanya revolusi Bumi dan sesungguhnya Matahari tidak bergerak. Peristiwa tersebut disebut sebagai gerak semu tahunan Matahari.


Materi Bahasa Indonesia

Memperkirakan Informasi berdasarkan membaca judul

Judul adalah kalimat yang terletak pada awal teks untuk mengetahui informasi dari sebuah teks secara sekilas. Setelah pembaca membaca judul bacaan, pembaca dapat menentukan kata kunci yang terdapat pada teks tersebut dan dapat memperkirakan isi dari sebuah teks tersebut. Kata kunci dapat berguna sebagai panduan dalam memperkirakan isi teks. Setelah pembaca mengetahui isi dari sebuah teks, pembaca dapat menyampaikan informasi yang terdapat pada teks tersebut

Teks Informasi adalah teks yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Dengan membaca teks informasi maka pembaca dapat memperoleh informasi. Kosa kata adalah kumpulan kata yang digunakan dalam penyusunan sebuah kalimat. Rangkuman kosa kata yang terdapat pada buku siswa kelas 6 tema 8 halaman 13-14 dari sebuah teks informasi yang berjudul "Perputaran Bumi dan Akibatnya" adalah sebagai berikut:

Karangan Nonfiksi

Karangan Nonfiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan peristiwa yang benar-benar terjadi. Karangan non fiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan populer, laporan, makalah, skripsi, dan lainya.

Perbedaan karangan fiksi dengan karangan non fiksi:

Karangan fiksi

  1. Masalah yang di angkat tidak faktual
  2. Imajiner
  3. Khayalan
Karangan non fiksi

  1. Masalah yang di angkat faktual
  2. Tidak imajiner
  3. Fakta

Nonfiksi dibagi menjadi 2 seperti berikut:

  1. Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik.
  2. Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.


Materi PKN

Kewajiban adalah segala sesuatu atau aktivitas yang harus kita lakukan. Sebagai warga negara Indonesia kita memiliki kewajiban salah satunya yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Kewajiban untuk menjaga lingkungan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh semua setiap anggota masyarakat tanpa membedakan umur, jenis kelamin, ataupun status sosial.

Kewajiban menjaga lingkungan dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Keluarga adalah komunitas masyarakat yang paling kecil. Keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan keluarga akan berpengaruh terhadap keberhasilan kita dalam melaksanakan kewajiban di lingkungan yang lebih besar.

Kewajibanmu sebagai anggota keluarga :

  1. Mengormati orangtua
  2. Patuh kepada orangtua
  3. Membantu orangtua
  4. Menjaga kebersihan

Apakah kewajiban keluargamu sama dengan keluarga temanmu ?

Setiap anggota keluarga memiliki kewajiban yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari. Setiap keluarga pun memiliki kewajiban bekerja sama untuk memastikan kehidupan bermasyarakat berjalan dengan baik. Salah satu kewajiban setiap keluarga dalam kehidupan bermasyarakat adalah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.


Materi IPS

Kawasan Asia Tenggara

Asia Tenggara terletak pada koordinat 29° LU dan 6° LS. Berdasarkan garis lintangnya tersebut, hampir seluruh wilayah Asia Tenggara berada di daerah yang beriklim tropis. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan.

Hampir seluruh wilayah Asia Tenggara memiliki kesamaan, yaitu dilalui oleh pegunungan muda yang masih aktif. Kenyataan ini ditunjukkan dengan sering terjadinya gempa vulkanik dan tektonik.

ASEAN

Negara-negara di Asia Tenggara bersepakat untuk mendirikan organisasi yang bernama ASEAN. Organisasi ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Tujuan didirikanya ASEAN adalah untuk menjalin kerja sama antarnegara Asia Tenggara.

ASEAN diprakarsai oleh perwakilan lima negara Asia Tenggara, yaitu Menteri Luar Negeri Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Thailand), Rajaratnam (Singapura), dan Narciso Ramos (Filipina). Mereka menandatangani deklarasi pendirian ASEAN yang disebut dengan Deklarasi Bangkok.

Indonesia menjalin kerja sama dengan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama tersebut bertujuan kemajuan anggota. Kerja sama ASEAN tersebut diwujudkan dalam beberapa bidang berikut.

1.)  Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

  • Pembukaan Pusat Promosi ASEAN

Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi.

  • Penyediaan Cadangan Pangan

Bentuk kerja sama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerja sama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat seperti ketika terjadi bencana.

  • Penyelenggaraan Proyek Industri

  • Kawasan Perdagangan Bebas

AFTA (ASEAN Free Trade Area) adalah organisasi Kawasan perdagangan bebas ASEAN bertujuan memajukan sektor produksi lokal yang ada di seluruh negara anggota ASEAN.

  • Koperasi ASEAN
2.) Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik

  • Defense Ministers Meeting

ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah pertemuan rutin yang dilakukan oleh meteri keamanan negara anggota ASEAN untuk membahas kerjasama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara-negara anggota ASEAN

  • Pengiriman Duta dan Konsulat
Pengiriman duta dan konsulat merupakan langkah yang dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.

  • Perjanjian Ekstradisi ASEAN

  • Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir

  • Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral

Materi SBdP

Interval nada adalah jarak antara dua buah nada. Jika dua buah nada dimainkan secara bersamaan, kita mengenalnya dengan istilah interval harmonis. Jika dua buah nada tersebut dimainkan satu nada kemudian disusul dengan nada yang lain secara berurutan, kita mengenalnya dengan istilah interval melodis.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url