Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi | Topik A: Tubuh Tumbuhan

  

Bagian Tubuh Tumbuhan

Pada materi Kelas 4 Bab 1 Topik B kamu akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Tubuh Tumbuhan. Tumbuhan memiliki bagian-bagian tubuh seperti akar, batang, daun, bunga, dan bagian lainnya. Bagian-bagian tubuh tumbuhan tersebut memiliki fungsi masing-masing. Mari kita bahas fungsi dari masing-masing tubuh tumbuhan.

Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya

Akar

Akar merupakan bagian tumbuhan yang cukup penting. Akar berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara yang terdapat didalam tanah. Air dan unsur hara yang diserap oleh akar merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu akar juga berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan menompang tumbuhan. Akar tumbuhan dibagi menjadi 2 jenis yaitu akar serabut dan akar tunggang.

Jenis-jenis Akar

Akar Tunggang memiliki akar utama dari pangkal batang dan pada akar utama tumbuh akar cabang yang ukurannya lebih kecil. Sedangkan pada akar serabut dari pangkal batang terbagi menjadi akar-akar cabang yang ukurannya lebih kecil.

Batang

Batang merupakan tubuh tumbuhan yang memiliki fungsi utama yaitu menyokong tumbuhan serta untuk mengangkut air dan unsur hara yang diserap oleh akar menuju daun dan bagian tumbuhan yang lain. Selain itu batang tumbuhan juga memiliki fungsi sebagai cadangan makanan.

Daun

Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang tumbuh pada ranting tumbuhan dan umumnya memiliki warna hijau. Meskipun daun umumnya berwarna hijau namun terdapat daun yang tidak berwarna hijau. Daun memiliki warna hijau karena didalam Daun terdapat klorofil. 

Daun memiliki fungsi utama yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis/membuat makanan pada tumbuhan. Selain itu daun juga memiliki fungsi untuk menyimpan cadangan air dan makanan, alat pernafasan, dan sebagai alat penguapan.

Bunga

Bunga merupakan bagian tubuh tumbuhan yang memiliki bentuk, warna, dan aroma yang cantik, unik, dan menarik. Bunga berfungsi sebagai tempat penyerbukan bagi tanaman sehingga tanaman dapat berkembangbiak. Proses penyerbukan ditandai saat serbuk sari jatuh pada di kepala benang sari. Selanjutnya akan terjadi proses pembuahan hingga membentuk bakal buah dan bakal biji. Biji yang dihasilkan dari proses penyerbukan dapat ditanam hingga menjadi tumbuhan kembali.

Bagian-bagian bunga:

  • Kelopak Bunga

Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang berfungsi untuk melindungi kuncup bunga.

  • Mahkota Bunga

Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang berfungsi untuk melindungi serbuk sari dan putik

  • Benang Sari

Benang sari merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan jantan. Benang sari menghasilkan serbuk sari untuk proses penyerbukan.

  • Putik

Putik merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan betina.

Buah

Buah merupakan produk dari tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan oleh manusia dan hewan. Buah bagi tumbuhan memiliki fungsi sebagai cadangan makanan, selain itu buah juga berfungsi untuk melindungi biji tumbuhan.

Biji

Biji pada tumbuhan berfungsi sebagai cikal bakal tumbuhan baru.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url